Alhamdulillah, bulan Ramadhan kembali hadir di tahun ini. Sadar atau enggak, dengan datangnya bulan Ramadhan bikin sebagian besar orang mengalami perubahan kegiatan sehari-harinya. Yang tadinya bangun tidur molor sampe siang menjadi agak pagian karena harus sahur bareng keluarga. Yang biasanya makan dan ngemil sesukanya jadi enggak karena lagi puasa. Yang tadinya pegang-pegangan tangan pacar jadi nahan dulu karena takut dosa. Ya yang begitu-begitu deh.

Tapi bukan anak millennial namanya kalo nggak melakukan hal-hal kekinian ala-ala jaman sekarang, termasuk kegiatan-kegiatan yang biasa dilakukan di bulan Ramadhan ini. Berikut ini terdapat 10 kegiatan kekinian yang bisa kamu lakukan di waktu bulan puasa agar tetap up to date dan kekinian.

1. Update Instastory Makanan Sahur dan Buka Puasa
Semenjak Instagram upgrade jadi kayak Snapchat –yaitu fitur Instastory yang membawamu ke dalam level per-riyaan ke level yang lebih tinggi, membuat para pelaku sosial media berlomba-lomba update foto makanan sahur dan buka puasa akhir-akhir ini. Mulai dari menu buka puasa super fancy sampe menu sahur indomie pakek telor setengah mateng, pokoknya update aja.

Masalah estetika dipikir entar-entar yang penting bisa pamer kalo lagi makan sahur sama buka puasa. Hmm… Padahal jaman dulu, emak-babeh kita ga gitu-gitu amat ya mau sahur sama buka puasa.

2. Scrolling Timeline Waktu Solat Tarawih
Yah namanya juga anak-anak millennial, nggak bisa kalo ke mana-mana nggak bawa gadget termasuk kalo lagi solat tarawih di masjid. Daripada bosen nunggu jeda di antara solat mendingan scrolling timeline dulu sedikit. Entah itu kepoin mantan, kepoin gebetan mantan, kepoin sahabatnya adiknya mantan, dan lainnya.

Syukur-syukur bisa update lagi di masjid yang bagus, siapa tau bisa jadi kontributor gosip akun Lambe Turah dengan kekuatan hengpong jadul cekrek-cekrek motretin artis terkenal yang kebetulan ketemu di masjid yang sama.

3. Sahur on the Road (Masih Jaman Nggak Sih? Masih Kan Ya…)
Entah gue yang sudah ketuaan atau emang udah nggak update soal SOTR yang biasanya dijalanin sama anak-anak sekolah ini. Yang jelas dulu jaman gue masih sekolah, SOTR jadi simbol status hits apa enggaknya seseorang pas SMA. Apalagi kalo geng-geng SOTR-nya berisi cewek-cewek hits atau kumpulan cowok-cowok ganteng.
Jangan lupa upload foto yang ada mobil-mobil dari ortu yang dibawa pas SOTR biar peningkatan status sosial yang semakin ciamik.

4. Ngabuburit
Selain kegiatan Sahur on the Road, ada juga nih kegiatan yang masih in yang dilakukan pas bulan puasa, yaitu ngabuburit. Kalo anak-anak layangan biasanya pergi bareng temen-temennya naik motor sambil siul-siulin cewek. Tapi beda dong kalo anak-anak millennial dari kelas menengah ngabisin waktu ngabuburitnya dengan main fidget spinner.

Semakin bentuk fidget spinner-nya unik maka semakin besar kesempatan komentar gebetan nanyain fidget spinner-nya beli di mana.

5. Ngevlog Kegiatan Puasa
Orang Indonesia memang dasarnya narsis-narsis. Selain update kegiatan sehari-hari di Instastory atau Snapchat yang udah mulai ditinggalin itu, masih banyak juga orang-orang yang kurang puas kalo update cuma di satu platform sosial media aja.

Biasanya cewek-cewek atau cowok-cowok yang dikaruniai paras yang menawan sejak lahir mulai merambah jadi artis Youtube vlogger. Yah, meski video vlog-nya nggak penting-penting amat kayak video “Akhirnya Aku Bisa Masak”-nya kittendust, tapi namanya juga cewek cakep mah bebas, yang nonton banyak aja.

Siap-siap aja nanti di pertengahan bulan puasa banyak video vlog bertebaran dengan judul “Buka Puasa bareng Maria Ozawa” padahal sebenarnya sama Maria Weleh-Weleh, dan deretan judul clickbait lainnya.

6. Buka Bersama Teman-Teman (Yang Hanya Wacana…)
Bulan puasa bisa menjadi ajang menjalin tali silaturahmi di mana undangan bukber mulai bertebaran di grup-grup angkatan. Mulai dari temen-temen jaman kuliah, geng jaman SMA, kakak kelas jaman SMP, sampe mantan temen sebangku jaman SD pada ngajakin buka puasa sekalian reuni kecil-kecilan.

Awalnya excited sih sampe notifikasi ribuan pas hape ditinggal sebentar. Lama-kelamaan makin banyak alasan buat gak jadi ikutan hingga hari-H pada nyadar kalo rencana bukber itu hanya wacana belaka. DiPHP-in? Wes bioso…. #AkuRakPapaMas

7. Drama-Drama #GodaanPuasa
Namanya juga lagi puasa, ada aja cobaannya. Mulai dari temen yang bawa nasi padang ke kantor dengan bau menyengat ke mana-mana, klien yang permintaannya naudzubillah sampe ingin batal puasa, hingga insiden-insiden kecil yang menguji iman dan kesabaran. Eits… Tapi bukan anak millennial namanya kalo belum sharing drama-drama godaan puasa dengan upload satu episode drama di Instastory.

Mulai dari Boomerang-in si sumber godaan (misal: nasi padang temen kantor) sampe sederetan curhatan pake latar belakang hitam biar diperhatiin orang-orang sejagad dunia maya. Jangan lupa pake hashtag #GodaanPuasa untuk drama yang lebih haqiqi.

8. Bikin Meme tentang Puasa
Semenjak meme 9gag jadi sumber hiburan maya, orang-orang Indonesia juga nggak mau ketinggalan nih bikin karya serupa. Sekarang kejadian apapun bisa dijadiin meme, dari pertunangannya Raisa sama Babang Hamish sampai presiden Jokowi pun nggak ketinggalan jadi bahan.

Nah, di bulan puasa ini merupakan kesempatan bagus buat kalian yang ingin panjat sosial, yaitu bikin meme tentang puasa. Semakin lucu maka semakin banyak orang nge-share, semakin naik juga followers Instagram kamu. Semakin besar kesempatan dinotice gebetan deh. Ehehehe.

9. Berburu Baju Lebaran (atau Endorse-an)
Menjelang hari Lebaran pasti mall-mall jadi makin ramai karena orang udah mulai berbondong-bondong beli baju lebaran. Tapi kalau anak kekinian mah nggak usah repot-repot melewati kemacetan dateng ke mall buat ikutan borong baju, karna tinggal duduk manis aja nungguin barang endorse-an berdatangan ke depan rumah.

Mau endorse apa aja boleh, yang penting gratisan, syukur-syukur dapet baju lebaran. Nggak papa nanti foto-foto Instagram yang tadinya pake baju-baju kurang bahan jadi lebih tertutup biar sekalian pencitraan.

10. Live Report Halal Bilhalal
Hari Raya Idul Fitri juga bisa jadi kesempatan bagus buat nyobain fitur Live di sosial media kamu, lho! Pake fitur Live ini kamu bisa live report pas halal bilhalal bareng keluarga besar. Pas lagi Live, jangan lupa semua anggota keluarga divideoin biar followers tahu adek, kakak, embah, om, tante, pakde, bude kamu semuanya.

Coba bayangin kalo semua orang pada Live pas halal bilhalal, trus kamu nggak sengaja nemu sepupu temanmu yang cakep, kamu bisa komentarin dan ngajak kenalan deh. Siapa tahu jodoh kan??!

Demikian 10 kegiatan yang bisa kamu lakukan di bulan puasa sebagai anak kekinian. Tentu nggak semua kegiatan di atas harus kamu ikutin semua, yang penting jangan lupa untuk melakukan kegiatan positif dan amal kebaikan biar pahala di bulan puasa bertambah berlipat-lipat.

Ingat daftar di atas buat lucu-lucuan aja, jangan terlalu dianggap serius ya! Buka puasa pake ikan patin, mohon maaf lahir batin! Semangat puasa untuk teman-teman dari saya dan tim di iPrice.

Login or Sign Up to comment this post

Comments (0)