Inilah kejadian-kejadian unik yang dapat kita simak dalam berlangsungnya Oscar 2017 pagi hari ini (26/02 PST, 27/02 WIB).

Aktor Muslim Pertama Peraih Oscar

Dalam kemenangan yang diduga tetapi membanggakan untuk kategori Best Actor in a Supporting Role selama acara 89 Academy Awards, Mahershala Ali memberikan pidato yang rendah hati, berterima kasih kepada orang-orang dalam hidupnya yang membantunya mencapai prestasi membanggakan ini.

“I want to thank my teachers, my professors,” bukanya. “One thing they consistently told me […] was that it wasn’t about you. It’s not about you, it’s about these characters, you are a servant. You’re in service to these stories and these characters.”

Dia melanjutkan untuk mengucapkan terima kasih kepada sutradara 'Moonlight' Barry Jenkins dan pemain film dan kru. Dia juga mengapresiasi istri dan putrinya, yang lahir empat hari yang lalu.

“I want to thank her for being such a soldier through this process, and carrying me through it all,” katanya, mengawali dengan elegan acara malam ini (waktu setempat).

Sutradara Gagal Datang

Ashgar Farhadi terpaksa tidak bisa berbagi kebahagiaan bersama insan film lainnya di Piala Oscar 2017.

Ashgar menyutradarai film 'The Salesman' (Iran) yang menang dalam nominasi Best Foreign Language Film. Ini juga bukan piala pertama bagi Ashgar. Ia pernah membawa pulang piala usai menang pada Oscar 2012 lewat 'A Separation' di nominasi yang sama.

Film-film peraih nominasi Best Foreign Language Film lainnya yang dikalahkan Ashgar antara lain:

  • 'Land of Mine' (Denmark)
  • 'Toni Erdmann' (Jerman)
  • 'It's Only the End of the World' (Kanada)
  • 'Tanna' (Australia)

Karena dia tidak bisa hadir, Ashgar pun menitipkan sebuah surat untuk dibacakan oleh Anousheh Ansari.

"Ketidakhadiran saya untuk menghormati masyarakat di negara saya dan untuk enam negara lain yang tidak mendapatkan penghormatan dari aturan imigrasi di AS," ungkapnya.

Semua Gara-gara Trump

Ketidakhadiran Ashgar Farhadi ke Dobly Theatre karena kebijakan Presiden Donald Trump, seperti yang secara halus ia singgung pada surat yang dibacakan oleh Anousheh Ansari, dimana ia menyebut 7 negara yang diblokir oleh Trump.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah ketika Gedung Putih telah menempatkan larangan perjalanan pada individu dari beberapa negara mayoritas Muslim, Mahershala Ali adalah aktor Muslim pertama yang memenangkan Oscar, prestasi unik dan baru pertama kali terjadi di Oscar.

Kemenangan ini juga membuat Ali menjadi aktor kulit hitam kelima yang mendapat Oscar untuk aktor pendukung.

Login or Sign Up to comment this post

Comments (0)