Film bergenre komedi merupakan salah satu genre film yang banyak diproduksi di Indonesia. Namun, hampir semua film bergenre komedi di Indonesia hadir hanya sebagai hiburan yang menggelitik para penonton. Bukaan 8 adalah sebuah film komedi yang bukan sekedar film komedi biasa. Bercerita tentang perjuangan seorang calon ayah ketika menyambut anak pertamanya. Film ini membawa penontonnya bukan hanya ke perenungan mengenai hubungan orang tua dan anak, namun juga tentang kehidupan sehari-hari yang begitu dekat dengan kita.

Selain membuat para penontonnya tertawa, film ini juga akan membuat penontonnya merenungi banyak sekali hal dalam kehidupan nyata. Tentu saja, perenungan yang dimulai dari adegan-adegan jenaka bukanlah sesuatu yang biasa kita dapatkan dari sebuah film. Hal inilah yang membuat Bukaan 8, menjadi menarik untuk anda tonton. Meskipun penuh dengan makna tersirat dan juga kritik sosial, film ini jauh dari kesan yang berat, rumit atau filosofis. Bukaan 8 dapat dikategorikan sebagai sebuah film hiburan ringan, namun menyimpan pesan yang kuat dan dalam.

Para aktor dan aktris yang bermain dalam film ini, juga bisa dikatakan menunjukkan kualitas akting yang memukau. Chico Jerikho, Tio Pakusadewo dan Sarah Sechan memang bukan nama yang asing dalam dunia seni peran, sehingga akting mereka pun terasa begitu hidup. Dan Lala Karmela, yang bisa dibilang masih baru di dunia film, pun menunjukkan kualitas akting yang tidak kalah sama sekali.   Namun jika harus memilih diantara semua aktor dan aktris dalam film ini, Chico Jerikho lah yang perlu diberi porsi apresiasi paling besar. Peran seorang lelaki frustasi yang dia mainkan terasa begitu hidup hingga mampu membangkitkan rasa melankolis penonton.

Komedi dalam film ini dibangun bukan sekedar oleh raut muka lucu atau tingkah konyol yang berlebihan. Komedi dalam film ini meresap lewat alur ceritanya, yang menggambarkan potret masyarakat kita yang sebenarnya. Tertawa dalam film ini bukan hanya sekedar menertawakan kehidupan Alam Merdeka, si tokoh utama. Namun, juga menertawakan kehidupan sehari-hari di sekitar kita, yang memang jika dipikirkan lagi, mirip sebuah komedi.

Film ini disutradarai oleh Angga Sasongko, yang dikenal selalu menyelipkan kritik-kritik sosial yang cerdas dalam film-filmnya. Ada beberapa adegan yang menurut saya cukup berani “menelanjangi” perilaku buruk masyarakat kita. Adegan yang mampu memuaskan dahaga orang-orang yang sudah “jengah” dengan perilaku-perilaku buruk itu. Anda harus menonton film ini jika anda ingin tahu perilaku apa yang saya maksud.

Secara keseluruhan, bagi saya film Bukaan 8  adalah film yang sangat menarik, lucu dan sekaligus cerdas.  Meski bercerita tentang kisah haru menjadi seorang ayah atau ibu, namun film ini bukan hanya untuk mereka yang tertarik dengan tema itu. Justru, bagi anda yang tertarik dengan perilaku sosial masyarakat Indonesia saat ini, anda harus menonton film ini dan menyaksikan kritik sosial yang ada didalamnya. Anda mungkin akan banyak tertawa pada saat menontonnya, namun  perjalanan pulang anda dari bioskop, justru akan  penuh dengan perenungan .

Film Bukaan 8 mulai tayang di bioskop-bioskop Indonesia pada tanggal 23 Februari 2017.

Login or Sign Up to comment this post

Comments (0)